MANUSIA DAN KEBUDAYAAN



MANUSIA DAN KEBUDAYAAN



    MANUSIA

          Manusia  di alam dunia  ini memegang  peranan  yang unik,  dan  ctapat dipandang  dari banyak segi. Dalam ilmu eksakta,  manusia dipandang  sebagai kumpulan  dari partikel-partikel atom  yang  membentuk  jaringan-jaringan   sistem  yang  dimiliki  oleh  manusia  (ilmu   kimia), manusia  merupakan  kumpulan  dari berbagai  sistem  fisik yang  saling  terkait  satu  sama  lain dan  merupakan   kumpulan   dari  energi  (ilmu  Fisika),  manusia  merupakan   mahluk  biologis yang  yang  tergolong  dalam  golongan  mahluk  mamalia  (biologi).  Dalam  ilmu-ilmu  sosial, manusia merupakan  mahluk yang ingin memperoleh  keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan, sering disebut homo economicus (ilmu ekonomi),  manusia merupakan  mahluk sosial  yang  tidak  dapat  berdiri  sendiri  (sosiologi).  mahluk  yang  selalu  ingin  mempunyai kekuasaan   (politik),  mahluk  yang  berbudaya,  sering  disebut  homo-humanu (filsafat),   dan lain sebagainya.
Dari  definisi-definisi   tersebut  diatas  kita dapat  melihat  bahwa  manusia  selain  dapat dipandang  dari banyak  segi, juga  mempunyai  banyak kepentingan.  Tctapi  siapakah  manusia itu sebenamya   ? dengan  berdasar  pada  uraian  di atas  tentu kita  akan  mengalarni  kesulitan dalam  menjawab  pertanyaan  tersebut, oleh karena  itu kita kan mencoba  mencrangkan   siapa manusia  itu dari  unsur-unsur  yang membangun  manusia.
Ada dua pandangan yang akan kita jadikan acuan untuk menjelaskan tentang unsur-unsur yang  membangun   manusia
l)     Manusia  itu terdiri  dari empat  unsur  yang saling  terkait,  yaitu
a.     Jasad.  yaitu  :      badan  kasar  manusia  yang  nampat  pada  luarnya,  dapat  diraba  dan difoto,  dan  menempati  ruang dan  waktu  (  hal 62)
b.     hayat,  yaitu  :    mengandung  unsur  hidup,  yang ditandai  dcngan  gerak  (hal  66)
c.    ruh, yaitu  bimbingan  dan pimpinan  Tuhan, daya yang bckerja secara  spiritual  dan memahami   kebenaran,  suatu kemampuan  mencipta  yang  bersifat  konscptual   yang menjadi  pusat  lahimya  kebudayaan  (hal 77)
d.     nafs,  dalam  pengertian  diri atau keakuan,  yaitu kesadaran  tentang  diri sendiri  (hal79).  ( Asy'arie,   1992 hal  :    62-84)
2)   Manusia  sebagai  satu  kepribadian  mengandung  tiga unsur  yaitu  :
a.     Id, yang merupakan struktur kepribadian yang paling primitif dan paling tidak nampak.
Id merupakan  libido  murni,  atau energi  psikis  yang menunjukkan   ciri alami  yang irrasional  dan terkait dengan sex, yang secara instingtual  menentukan  proses-proses ketidaksadaran   (unconcious).   Id tidak  bcrnubungan   dengan  lingkungan   luar  diri, tetapi terkait dengan struktur lain kepribadian yang pada gilirannya menjadi  mediator antara  insting Id dengan dunia luar. Terkukung  dari realitas dan pengaruh  sosial,  Id diatur  oleh  prinsip  kesenangan,  mencari  kepuasan  instingtual  libidinal  yang  harus dipenuhi   baik  secara  langsung  melalui  pengalaman   seksual,  atau  tidak  langsung melalui  mimpi atau khayalan. Proses pemenuhan  kepuasan  yang disebutkan  terakhir yang  dilakukan  secara  tidak langsung  disebut  sebagai  proses  primer.  Obyek  yang nyata dari pemuasan  kebutuhan  langsung dalam prinsip kesenangan  ditentukan  oleh tahap  psikoseksual  dari  perkembangan   individual,
b.    Ego, merupakan  bagian  atau struktur kepribadian  yang pertama  kali dibedakan  dari Id,  seringkali  disebut  sebagai  kepribadian   "eksekutif"   karena  peranannya   dalam menghubungkan   energi Id ke dalam saluran sosial yang dapat dimengerti  oleh orang lain. Perkembangan  ego terjadi antara usia satu dan dua tahun, pada saat anak secara nyata       berhubungan   dengan  lingkungannya.   Ego  diatur  oleh  prinsip  realitas,  Ego sadar akan tuntunan  lingkungan  luar, dan mengatur  tingkah  laku sehingga  dorongan instingtual    Id  dapat   dipuaskan   dengan   cara   yang  dapat   diterima.   Pencapaian obyek-obyek   khusus  untuk  mengurangi  energi  libidinal  dengan  cara  yang  dalam lingkungan   sosial  dapat  diterima  disebut  sebagai  proses  sekunder.
c.    Superego,  merupakan  struktur kepribadian  yang paling akhir,  muncul  kita-kira  pada usia Hrna tahun. Dibandingkan  dengan Id dan ego, yang berkembang  secara internal dalam  diri  individu,  superego  terbentuk  dari  lingkungan  ekstemal.   Jadi  superego merupakan  kesatuan  standar-standar  moral  yang  diterima  oleh  ego  dari  sejumlah agen yang mempunyai  otoritas  di dalam lingkungan  luar diri, biasanya  merupakan asimilasi  dari pandangan-pandangan   orang  tua. Baik aspek  negatif  maupun  positif dari  standar  moral  tingkah  laku  ini diwakilkan  atau  ditunjukkan     oleh  superego. Kode moral positif disebut ego ideal, suatu perwakilan  dari tingkah  laku   yang tepat bagi individu  untuk dilakukan ..  Kesadaran  membentuk  aspek negatif dari superego, dan  menentukan   hal-hal  mana  yang  termasuk  dala  katagori  tabu,  yang  mengatur bahwa penyimpangan  dari aturan tersebut akan menyebabkan  dikenakannya  sangsi. Superego dan Id   berada dalam kondisi konflik langsung, dan ego menjadi  penengah atau mediator.  Jadi superego  menunjukkan  pola aturan  yang dalam  derajat  tertentu menghasilkan  kontrol diri melalui sistem imbalan dan hukuman  yang terintemalisasi. (Freud,   dalam  Brennan,  1991;     hal 205-206)
Dari uraian  di atas dapat  mengkaji  aspek tindakan  manusia  dengan  analisa  hubungan antara tindakan dan usur-unsur manusia. Seringkali,  misalnya orang yang senang terhadap penyimpangan  terhadap nilai-nilai  masyarakat  dapat diidentifikasi  bahwa orang tersebut lebih dikendalikan  oleh Id dibanding  super ego-nya, atau seringkali  ada kelainan  yang terjadi pada manusia,  misalnya  orang  yang  berparas  buruk dan bertubuh  pendek  berani  tampil  ke muka umum,  dapat  diterangkan  dengan  mengacu  pada  unsur  nafs  (kesadaran  diri)  yang  dimiliki oleh manusia.  Kesemua  unsur tersebut dapat digunakan  sebagai alat analisa bagi tingkah laku manusia.


HAKEKAT MANUSIA


a.     Mahluk  ciptaan  Tuhan  yang terdiri  dari  tubuh  dan jiwa  sebagai satu  kesatuan yang utuh.
Tubuh adalah materi yang dapat dilihat, diraba, dirasa, wujudnya konkrit tetapi tidak abadi. Jika manusia itu meninggal, tubuhnya hancur dan lenyap. Jiwa terdapat didalam tubuh, tidak dapat dilihat, tidak dapat diraba, sifatnya abstrak tetapi abadi. jika manusia meninggal, jiwa  lepas dari  tubuh dan kembali ke asalnya yaitu Tuhan, dan jiwa  tidak mengalami kehancuran. Jiwa adalah roh yang ada di dalam tubuh manusia sebagai penggerak dan sumber kehidupan.
b.    Mahluk  ciptaan Tuhan  yang paling sempurna, jika  dibandingkan  dengan  mahluk lainnya.
Kesempumaannya terletak pada adab dan budayanya, karena manusia dilengkapi oleh penciptanyadengan akal, perasaan, dan kehendakyang terdapatdidalamjiwa manusia. Dengan akal (ratio) manusia mampu menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi. Adanya nilai baik dan buruk,  mengharuskan manusia mampu mempertimbangkan, menilai dan berkehendak menciptakan kebenaran, keindahan, kebaikan atau sebaliknya. Selanjutnya dengan adanya perasaan, manusia mampu menciptakan kesenian. Daya rasa (perasaan) dalam diri manusia itu ada dua macam, yaitu perasaan inderawi dan perasaan rohani. Perasaan inderawi adalah
rangsangan  jasmani  melalui  pancaindra.  tingkatnya  rendah  dan  terdapat  pada  manusia  atau binatang.   Perasaan   rohani   adalah   perasaan   luhur   yang  hanya   terdapat     pada   manusia misalnya  :
l)    Perasaan  intelektual.   yaitu perasaan  yang berkenaan  dengan   pengetahuan.   Seseorang merasa  senang  atau puas  apabila  ia dapat  mengetahui  sesuatu,  sebaliknya  tidak senang atau tidak  puas  apabila  ia tidak berhasil  mengetahui  sesuatu.
2)    Perasaan  estetis,yaitu   perasaan   yang  berkenan  dengan  keindahan.   Seseorang   merasa senang apabila ia melihat atau mendengar  sesuatu yang indah, sebaliknya  timbul perasaan kesal  apabila  tidak  indah.
3)    Perasaan   etis. yaitu perasaan yang berkenaan dengan kebaikan. Seseorang merasa senang apabila  sesuatu  itu baik,   sebaliknya  perasaan  benci  apabila  sesuatu  itu jahat.
4)       Perasaan    diri,   yaitu perasaan  yang  berkenaan  dengan  harga  diri karena  ada kelebihan dari  yang  lain.  Apabila  seseorang  memiliki  kelebihan  pada  dirinya,  ia  merasa  tinggi, angkuh,  dan sombong,  sebaliknya  apabila ada kekurangan  pada dirinya  ia merasa  rendah diri  (minder)
5)       Perasaan  sosial,  yaitu perasaan  yang berkenaan  dengan kelompok  atau korp atau hidup bermasyarakat,   ikut  merasakan  kehidupan  orang  lain.  Apabila  orang  berhasil ia  ikut senang,  apabila  orang  gagal,   memperoleh  musibah,   ia ikut sedih.
6)    Perasaan   religius,   yaitu  perasaan  yang  berkenaan  dengan  agama  atau  kepercayaan.
Seseorang  merasa  tentram  jiwanya  apabila  ia tawakal  kepada  Tuhan,  yaitu  mematuhi segala  perintah  -  Nya dan  menjauhi  larangan  -  Nya.
Adanya  kehendak  dari  setiap  manusia  mampu  menciptakan  perilaku  tentang  kebaikan menurut  moral.

c.     Mahluk   biokultural,    yaitu  mahluk   hayati  yang  budayawi
Manusia   adalah  produk   dari  saling  tindak  atau  interaksi   faktor-faktor   hayati   dan budayawi.  Sebagai  mahluk  hayati,  manusia  dapat dipelajari  dari segi-segi  anatomi,  fisiologi atau faal, biokimia, psikobiologi, patologi, genetika, biodemografi, evolusi biologisnya, dan sebagainya. Sebagai mahluk budayawi manusia dapat dipelajari dari segi - segi : kemasayarakatan. kekerabatan. psikologi sosial,  kesenian, ekonomi, perkakas. bahasa,  dan sebagainya.

d.     Mahluk  ciptaan  Tuhan  yang  terikat  dengan  lingkungan  (ekologi), mempunyai kualitas  dan martabat karena  kemampuan  bekerja  dan  berkarya

Soren Kienkegaardseorang filsuf Denmarkpelopor ajaran "eksistensialisme"memandang manusia dalam konteks kehidupan konkrit adalah mahluk alamiah yang terikat dengan lingkungannya (ekologi). memiliki sifat-sifat alamiah dan tunduk pada hukum alamiah pula.
Hidup manusia mempunyai tiga taraf, yaitu estetis, etis dan religius. Dengan kehidupan estetis, manusia mampu menangkap dunia sekitarnya sebagai dunia yang mengagumkan dan mengungkapkan kembali (karya) dalam lukisan, tartan, nyanyian yang indah.  Dengan eris, manusia meningkatkan kehidupan estetis ke dalam tingkatanmanusiawi dalam bentuk-bentuk keputusan bebas dan dipenanggungjawabkan.   Dengan kchidupan religius. manusia menghayati pertemuannya   dengan  Tuhan.
Semakin  dekat seseorang dcngan Tuhan, scmakin dekat pula i~  menuju kesempumaan dan semakin jauh  ia dilepaskan dari rasa kekhawatiran. Semakin mendalam penghayatan terhadap Tuhan semakin bermakna pula kehidupannya.  dan akan terungkap pula kenyataan manusia individual atau kenyataan manusia subyektif yang mcmiliki harkat dan martabat tinggi.

KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR

Francis L.K Hsu. sarjana Amerika keturunan Cina yang mengkombinasikan dalam dirinya keahlian di dalam ilmu antropologi, ilmu psikologi, ilmu filsafat  dan kesusastraan cina klasik. Karya tulisnya berjudul Psychological Homeostatis Cina Klasik.  Majalah American Anthropologist.  jilid 73 tahun 1971, halaman 23-24.
Ilmu psikologi yang mcmang bcrasal dan timbul dalam masyarakat Baraldimana konsep individu itu mengambil  tempat yang amat pcnting, biasanya menganalisis jiwa manusia dengan terlarnpau banyak menekan kepada pembatasan konsep individu sebagai kesatuan analisis tersendiri.
Sarnpai sekarang.  ilmu psikologi di negara-negara  Baral itu terutama mengembangkan konsep-konsep dan teori-teori mengenai aneka wama isi jiwa, scrta metode-metode dan alat-alat untuk menganalisis dan mengukur secara detail variasi isi jiwa individu itu.  Sebaliknya. ilmu itu masih kurang mengembangkan konscp-konsep yang dapat menganalisis jaringan berkait antara jiwa individu dan lingkungan sosial budayanya.
Banyak orang masih sering mempersoalkan  perbedaan antara kebudayaan  Barat dan kebudayaan Timur. Padahal konsep itu berasal dari orang Eropa Barat dalam zaman ketika mereka berexpansi menjelajahi  dunia,  menguasai  wilayah luas di Afrika,  Asia dan Oseania, dan memantapkan pemerintah-pemerintah  jajahan mereka dimana-mana,  Semua kebudayaan di luar kebudayaan mereka di Eropa Barat disebutnya kebudayaan  Timur, sebagai lawannya kebudayaan mereka sendiri yang mereka  sebut kebudayaan Baral.
Orang-orang yang sering mendiskusikan  kontras antara kedua konsep tersebut secara populer, bisanya menyangka bahwa Kebudayaan Timur lebih mementingkan kehidupan kerohanian, mistik, pikiran preologis, keramahtamahan, dan gotong royong. Sedangkan kebudayaan  Barat lebih mementingkan kebendaan, pikiran logis, hubungan asas guna (hubungan hanya berdasarkan prinsip guna), dan individualisme.
Berikut ini dipaparkan bagan mengenai psiko-sosiagram  manusia sebagaimana diuraikan di atas menurut Prof. Dr. Koentjaraningrat dalam bukunya yang berjudul kebudayaan, mentalitas dan pembangunan, halaman 128



 PENGERTIAN KEBUDAYAAN


kebudayaan  merupakan  sistem nilai dan gagasan  utama  (Vital). Sistem   nilai  dan  gagasan   utama   itu  dihayati   benar-benar    oleh   para  pendukung
kebudayaan  yang bersangkutan dalam kurun waktu tertentu, sehingga mendominasi keseluruhan
kehidupan  para pendukung  itu, dalam arti mengarahkan  tingkah  laku mereka dalam masyarakatnya.   Dapat dikatakan  pula, bahwa sistem nilai dan gagasan  utama itu memberikan pola untuk bertingkah  laku kepada masyarakatnya.  atau dengan kat lain, memberi  seperangkat model  untuk  bertingkah  laku.
Sistem  nilai  dan  gagasan  utama  sebagai  hakekat  kebudayaan   terwujud   dalam   tiga sistem kebudayaan  secara terperinci,  yaitu sistem ideologi, sistem sosial dan sistem teknologi.
Sistem  ideologi  meliputi  etika, norma,  adat istiadat, peraturan  hukum  yang  berfungsi sebagai  pengarahan  untuk  sistem sosial dan berupa  interpretasi  operasional  dari sistem  nilai dan  gagasan  utama  yang  berlaku  dalarn  masyarakat.
Sistem  sosial  meliputi  hubungan  dan kegiatan  sosial di dalam  masyarakat.  baik  yang terjalin didalam  lingkungan  kerabat, maupun  yang terjadi dengan masyarakat  lebih luas serta permmpin-pernimpinnya.    Pengendalian  masyarakat  dan pemimpin  berkembang  dengan  nilai budaya  dan  gagasan  utama  yang  berlaku.
Sistem  teknologi  meliputi  segala  perhatian  serta penggunaannya.    sesuai  dengan  nilai budaya  yang berlaku.  Dalam  kebudayaan  yang terutama  agraris. misalnya  dengan  sendirinya sistem  teknologi  sesuai  dengan  keperluan  pertanian.
Berikut ada beberapa tokoh kebudayaan :
-          Raden saleh (pelukis)
-          Didiek ninithowok (koreografer)
-          Srimulat (dreama – lawak)
-          Ki Nartosbdo(pendhalangan – wayang kulit)
-          Ebiet g ade (pencipta lagu – penyanyi)

UNSUR -  UNSUR KEBUDAY AAN

Untuk lebih  mendalami kebudayaan, perlu dikenal beberapa  masalah  lain  yang menyangkut kebudayaan. Misalnya apa yang disebut dengan unsur. Yang dimaksud dengan unsur disini adalah apa saja sesungguhnya  kebudayaan  itu, sehingga kebudayaan disini lebih mengandung makna totalitas dari pada sekedar penjumlahan unsur-unsur yang terdapat di dalamnya.
Kebudayaan setiap bangsa atau masyarakat terdiri dari unsur-unsur besar maupun unsur-unsur  kecil yang merupakan bagian dari suatu kebulatan yang bersifat sebagai kesatuan. Misalnya dalam kebudayaan Indonesia dapat dijumpai unsur besar seperti umpanya Majelis Permusyawaratan   Rakyat disamping  unsur-unsur  kecil seperti sisir, kancing, baju, peniti dan lain-lainnya yang dijual di pinggir jalan.
C.Kluckhohn  di  dalam  karyanya  berjudul   Universal   Categories   ofCulture mengemukakan, bahwa ada tujuh unsur kebudayaan universal,yaitu :
1.      Sistem Religi (sistem kepercayaan).
Merupakan produk  manusia  sebagai homo religieus. Manusia  yang memiliki kecerdasan pikiran dan perasaan luhur. tanggap bahwa di atas kekuatan dirinya terdapat kekuatan lain yang maha besar.  Karena itu manusia takut,  sehingga menyembahnya dan lahirlah kepercayaan yang sekarang menjadi agama.
2.    Sistem organisasi kemasyarakatan.
Merupakan produk dari manusia sebagai homo socius. Manusia sadar bahwa tubuhnya lernah, namun memiliki akal, maka disusunlah organisasi kemasyarakatan  dimana manusia bekerja sama untuk meningkatkan  kesejahteraan  hidupnya.
3.      Sistem pengetahuan.
Merupakan produk manusia sebagai homo sapiens. Pengetahuan dapat diperoleh dari pemikiran sendiri, disamping itu didapat juga dari orang lain. Kemampuan manusia mengingat-  ingat apa yang telah diketahui kemudian menyampaikannya kepada orang lain melalui bahasa, menyebabkan pengetahuan menyebar luas. Lebih-lebih bila pengetahuan itu dibukukan, maka penyebarannya  dapat dilakukan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
4.     Sistem mata pencaharian hidup dan sistem-sistem  ekonomi. Merupakan produk manusia sebagai homo economicus menjadikan tingkat kehidupan manusia secara umum terus meningkat.
5.     Sistem  Teknologi  dan  Peralatan.
Merupakan  produk dari manusia  sebagai homo faber. Bersumber  dari pemikirannya yang  cerdas   dan  dibantu   dengan  tangannya   yang  dapat  memegang   sesuatu   dengan erat,manusia  dapat membuat  dan mempergunakan  alat. Dengan alat-alat ciptaannya  itulah manusia  dapat  lebih mampu  mencukupi    kebutuhannya  daripada  binatang
6.      Bahasa.
Merupakan   produk  dari  manusia  sebagai  homo  longuens.  Bahasa  manusia  pada mulanya  diwujudkan  dalam  bentuk tanda  (kode) yang kemudian  disempumakan   dalam bentuk  bahasa  lisan,  dan  akhimya  menjadi  bentuk  bahasa  tulisan.
7.      Kesenian.
Merupakan   hasil  dari  manusia  sebagai  homo  aesteticus.   Setelah  manusia   dapat mencukupi  kebutuhan  fisiknya, maka dibutuhkan  kebutuhan  psikisnya  untuk dipuaskan. Manusia  bukan  lagi semata-mata  memenuhi  kebutuhan  isi perut saja, mereka juga  perlu pandangan  mata  yang indah, suara yang merdu,  yang semuanya  dapat  dipenuhi  melalui kesenian.
Cultural-universal   tersebut,  dapat  dijabarkan  lagi  ke  dalam  unsur-unsur   yang  lebih kecil. Disebut kegiatan-kegiatan  kebudayaan  atau cultural activity  Contoh cultural  universal pencaharian   hidup  dan  ekonomi,   antara lain mencakup  kegiatan-kegiatan   seperti  pertanian, petemakan,  sistem produksi,  sistem distribusi,  dll. Cultural activity dapat dibagi lagi menjadi unsur-unsur   yang  lebih  kecil  lagi  yang  disebut  trait-complex.Misalnya     kegiatan  pertanian menetap   meliputi  unsur-unsur   irigasi,   sistem  pengolahan  tanah  dengan  bajak,   sistem  hak milik  atas  tanah,  dan  lain  sebagainya.   Selanjutnya  trait-complex   mengolah   tanah  dengan bajak,   akan  dapat   dipecah-pecah    ke  dalam   unsur-unsur   yang  lebih  kecil  lagi,misalnya hewan-hewan   yang  menarik  bajak,teknik  mengendalikan   bajak,   dan  seterusnya.   Akhimya sebagai unsur kebudayaan  terkecil yang membentuk trait, adalah items contoh, alat bajak terdiri dari gabungan  alat-alat  atau bagian-bagian   yang lebih kecil lagi yang dapat dilepaskan,  akan tetapi  pada  hakekatnya  merupakan  suatu kesatuan.
Masalah  lain yangjuga  penting tentang kebudayaan  adalah wujudnya.  Pendapat  umum mengatakan, bahwa kebudayaan dapat dibedakan dalam dua bentuk wujudnya. Pertama, kebudayaan  bendaniah  (material)  dengan ciri dapat dirasa saja. Kedua, kebudayaan  rohaniah (spiritual)  dengan  ciri dapat  dirasa  saja.

WUJUD KEBUDAYAAN

Menurut  dimensi  wujudnya,  kebudayaan  mempunyai  tiga wujud  yaitu

1 Kompleks  gagasan,  konsep,  dan pikiran  manusia  :
Wujud  ini  disebut  sistem  budaya,  sifatnya  abstrak,  tidak  dapat  dilihat,  dan  berpusat  pada kepala-kepala  manusia  yang menganutnya,  atau dengan  perkataan  lain,  dalam  alam  pikiran warga masyarakat dimana kebudayaan bersangkutan hidup. Kalau warga masyarakat tadi menyatakan  gagasan  mereka dalam tulisan, maka lokasi dari kebudayaan  ideal sering  berada dalam karangan dan buku-buku  hasil karya para penulis warga masyarakat  yang bersangkutan. Sekarang  kebudayaan  ideal juga  banyak tersimpan  dalam disk, arsip, koleksi  micro  film dan microfish.
2.   Kompleks aktivitas
Berupa   aktivitas  manusia   yang  saling  berinteraksi,   bersifat  kongkret,   dapat  diamati   atau diobservasi. Wujud ini sering disebut sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dariaktivitas-aktivitas manusia-manusia   yang berinteraksi,  berhubungan,  serta bergaul  satu  dengan  yang  lain dari detik  ke detik,  dari hari ke hari. dan dari tahun ke tahun,  selalu menurut  pola-pola  tertentu yang berdasarkan  adat tata kelakuan.  Sebagai rangkaian  aktivitas manusia dalam  masyarakat, sistem sosial bersifat konkret,  terjadi disekeliling  kita sehari-hari,  bisa diobservasi,  difoto dan didokumentasi.

3.  Wujud  sebagai  benda  
Aktivitas  manusia  yang  sating  berinteraksi  tidak lepas  dari  berbagai  penggunaan   peralatan sebagai hasil karya manusia untuk mencapai tujuannya. Aktivitas karya manusia tersebut menghasilkan   benda  untuk  berbagai  keperluan  hidupnya Kebudayaan   dalam  bentuk  fisik yang  kongkret  bisa juga  disebut kebudayaan  fisik, mulai dari benda yang diam  sampai  pada benda  yang  bergerak.
Ketiga wujud dari kebudayaan tadi, dalam kenyataan kehidupan masyarakat  tak terpisah satu  sama  lain.  Kebudayaan   ideal  dan  .adat istiadat  mengatur  dan  memberi   arah  kepada tindakan-tindakan   dan  karya  manusia.  Baik pikiran-pikiran  dan  ide-ide  .   maupun  tindakan dalam karya manusia. menghasilkan benda-benda kebudayaan fisiknya. Sebaliknya. kebudayaan fisik membentuk  suatu lingkungan hidup tertentu yang makin lama makin menjauhkan  manusia dari  lingkungan   alamiahnya  sehingga  mempengaruhi   pula pola-pola  perbuatannya.   bahkan juga  cara berpikirnya. Semua  unsur  budaya  dapat  dipandang  dari  sudut  ketiga  wujud  rnasing-masing   tadi.

ORIENTASI NILAI BUDAYA


Kebudayaan  sebagai karya manusia memiliki sistem nilai. Menurut C.Kluckhohn  dalam karyanya  Variations in Value Orientation (1961) sistem nilai budaya dalam semua kebudayaan di dunia,  secara  universal  menyangkut  lima  masalah  pokok  kehidupan  manusi,  yaitu  :
1.       Hakekat  hidup  manusia  (  MH  )
Hakekat   hidup  untuk  setiap  kebudayaan   berbeda  secara  ekstem;   ada  yang  berusaha untuk memadamkan  hidup, ada pula yang dengan pola-pola kelakuan tertentu menganggap hidup  sebagai  suatu  hal yang baik, "mengisi  hidup"
2.     Hakekat  karya  manusia  ( MK  )
Setiap kebudayaan  hakekatnya  berbeda-beda,  diantaranya  ada yang beranggapan  bahwa karya bertujuan untuk hidup. karya memberikan kedudukan atau kehormatan,  karya merupakan  gerak  hidup  untuk  menambah  karya  lagi.
3.    Hakekat  waktu  manusia  (  WM  )
Hakekat  waktu untuk setiap kebudayaan  berbeda;  ada yang berpandangan  mementingan orientasi  masa  lampau,  ada pula  yang  berpandangan  untuk  masa  kini  atau masa  yang akan  datang.
4.     Hakekat  alam  manusia  (MA)
Ada kebudayaan   yang menganggap  manusia  harus mengeksploitasi    alam atau memanfaatkan    alam  semaksimal   mungkin.   ada  pula  kebudayaan   yang  beranggapan manusia  harus  hannonis  dengan  alam  dan manusia  harus  menyerah  kepada  alam.
5.     Hakekat  hubungan  manusia  (  MN  )
Dalam  hal ini ada yang mementingkan  hubungan  manusia  dengan  manusia.  baik secara horizontal  (sesamanya)  maupun secara vertikal (orientasi kepada tokoh-tokoh).   Ada pula yang  berpandangan   individualistis  (  menilai  tinggi  kekuatan  sendiri  ).

PERUBAHAN  KEBUDAYAAN


Masyarakat dan kebudayaan dimanapun selalu dalam keadaan berubah, sekalipun masyarakatdan kebudayaanprimitif yang terisolasidari berbagaihubungandengan masyarakat lainnya.
Tidak ada kebudayaan yang statis. semua kebudayaanmempunyai dinamika dan gerak. Gerak kebudayaan sebenamya adalah gerak manusia yang hidup dalam masyarakat yang menjadi wadah kebudayaan tadi. Gerak manusia terjadi oleh karena ia mengadakan hubungan-hubungandengan manusialainnya.Artinya,karena terjadihubungan antar kelompok manusia di dalam masyarakat.
Berbagai  faktor  yang  mempengaruhi   diterima  atau tidaknya  suatu  unsur  kebudayaan barn  diantaranya   :
1.    Terbatasnya  masyarakat  memiliki hubungan atau kontak dengan kebudayaan  dan dengan orang-orang   yang  berasal  dari luar masyarakat  tersebut.
2.    Jika pandangan  hidup dan nilai-nilai  yang dominan  dalam  suatu kebudayaan  ditentukan oleh  nilai-nilai  agamadan ajaran  ini terjalin  erat dalam  keseluruhan  pranata  yang  ada, maka  penerimaan   unsur  barn  itu mengaJami  hambatan  dan  harus  disensor  dulu  oleh berbagai  ukuran  yang  berlandaskan  ajaran  agama  yang  berlaku.
3.    Corak struktur  sosial suatu masyarakat  turut menentukan  proses penerimaan  kebudayaan barn.  Misalnya  sistem  otoriter  akan  sukar  menerima  unsur  kebudayaan  barn.
4.    Suatu  unsur  kcbudayaan  diterima  jika  sebelumnya  sudah  ada unsur-unsur  kebudayaan yang  mcnjadi  landasan  bagi diterimanya  unsur  kebudayaan  yang  barn  tersebut.
5.    Apabila  unsur  yang  barn  itu mcmiliki  skaJa kegiatan  yang  terbatas,  dan  dapat  dengan mudah  dibuktikan  kcgunaannya  olch  warga  masyarakat  yang  bersangkutan.

Terjadinya gerak I perubahan ini disebabkan oleh beberapa hal :

1.          Sebab-sebab yang berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri, misalnya perubahan jumlah dan komposisi penduduk.
2.            Sebab-sebabperubahan lingkunganalam dan fisik tempat mereka hidup. Masyarakat yang hidupnya terbuka, yang berada dalam jalur-jalur hubungan dengan masyarakat dan kebudayaan lain, cenderung untuk berubah lebih cepat.


KAITAN MANUSIA DAN KEBUDAY AAN


Secara  sedcrhana  hubungan  antara manusia dan kebudayaan  adalah   manusia  sebagai perilaku  kebudayaan,  dan kcbudayaan  mcrupakan  obyek  yang dilaksanakan  manusia.  Tetapi apakah  scsederhana   itu hubungan  kcduanya  ?
Dalam sosiologi manusia dan kcbudayaan dinilai sebagai dwitunggal, maksudnya  bahwa walaupun  kcduanya  bcrbcda tctapi kcduanya mcrupakan  satu kesatuan.  Manusia  mcnciptakan kebudayaan.  dan sctclah kcbudayaa itu tcrcipta  maka kebudayaan  mengatur  hidup  manusia agar scsuai dcngannya.  Tampak  bahw.i kcduanya akhimya  mernpakan  satu kesaiuan.  Contoh scdcrhana  yang dapat kita lihat adalah hubungan  antara manusia  dengan  peraturan-peraturan. kemasyarakatan.   Pada  saat awalnya  peraturan  itu dibuat  oleh manusia.  setelah  peraturan  itu jadi  maka  manusia  yang membuatnya  harus  patuh kepada  peraturan  yang dibuatnya  sendiri itu.  Dengan   demikian   dapat   disimpulkan    bahwa   manusia   tidak   dapat   dilepaskan    dari kebudayaan,   karena  kebudayaan   itu merupakan  perwujudan  dari  manusia  itu sendiri.  Apa yang  tercakup  dalam  satu kebudayaan  tidak akan jauh  menyimpang  dari kemauan  manusia yang  membuatnya.
Dari  sisi lain,  hubungan  antara  manusia  dan  kebudayaan  ini dapat  dipandang  setara dengan hubungan  antara manusia dengan masyarakat dinyatakan sebagai dialektis. maksudnya saling  terkait  satu  sama  lain.  Proses  dialektis  ini tercipta  melalui  tiga tahap  yaitu  :
1.           Eksternalisasi,  yaitu proses dimana manusia mengekspresikan  dirinya dengan rnembangun dunianya.  Melalui  ekstemalisasi   ini masyarakat  menjadi  kenyataan  buatan  manusia
2.    Obyektivasi,   yaitu  proses  dimana  masyarakat   menjadi   realitas  obyektif,   yaitu  suatu kenyataan  yang terpisah dari manusia dan berhadapan dengan manusia. Dengan demikian masyarakat   dengan  segala  pranata  sosialnya  akan  mempengaruhi   bahkan  membentuk perilaku  manusia.
3.    lntemalisasi,  yaitu proses dimana masyarakat disergap kembali oleh manusia. Maksudnya bahwa  manusia  mempelajari  kembali masyarakatnya  sendiri agar dia dapat hidup dengan
 baik,  sehingga  manusia  menjadi  kenyataan  yang dibentuk  oleh  masyarakat.


DAFTAR PUSTAKA













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flowchart Ticketing Machine Traveloka

Audit Teknologi Sistem Informasi

Business Relationship Management